Home » » Biografi Gus Dur: Karier Awal Gus Dur

Biografi Gus Dur: Karier Awal Gus Dur

Written By Grosir Kaos Distro Bandung on Wednesday 31 July 2013 | 01:24

Karier Awal Gus Dur

biografi singkat gus dur, gus dur, tentang gus dur, biografi gus dur, biografi gus dur lengkap, biografi abdurrahman wahid, biografi abdurrahman wahid secara singkat, pendidikan gus dur, biografi kh abdurrahman wahid,
karier awal gus dur
Karir awal Gus Dur adalah bergabung dengan Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES), organisasi yg terdiri dari kaum intelektual muslim progresif dan sosial demokrat. Di lembaga tersebut, ia bersama Dawam Rahardjo, Aswab Mahasin dan Adi Sasono banyak melakukan proyek pengembangan pesantren. Kemudian,  Gus Dur mendirikan P3M yang dimotori oleh LP3ES.
LP3ES sendiri mendirikan majalah yang disebut Prisma dan Wahid menjadi salah satu kontributor utama majalah tersebut. Ia pun berkeliling pesantren dan madrasah di seluruh Jawa, merasa prihatin dengan kondisi pesantren karena nilai-nilai tradisional pesantren luntur akibat pesantren memaksakan diri mengadopsi kurikulum pemerintah untuk mendapatkan pendanaan dari pemerintah. Hal ini pun diperparah oleh kemiskinan pesantren pada masa itu.
Abdurrahman Wahid meneruskan karirnya sebagai jurnalis, menulis untuk majalah Tempo dan koran Kompas. Ia pun menjadi seorang guru di Jombang. Pada tahun 1971, Gus Dur pun bergabung di Fakultas Ushuludin Universitas Tebu Ireng Jombang. Dari sini Gus Dur mulai sering mendapatkan undangan menjadi nara sumber pada sejumlah forum diskusi keagamaan dan kepesantrenan, baik di dalam maupun luar negeri. Adapun pada tahun 1974, ia menjadi sekretaris Pesantren Tebu Ireng. Satu tahun kemudian, Wahid menambah pekerjaannya dengan menjadi Guru Kitab Al Hikam.

Pada 1977, Ia bergabung dengan Universitas Hasyim Asyari sebagai dekan Fakultas Praktik dan Kepercayaan Islam, dengan mengajar subyek tambahan seperti pedagogi, syariat Islam dan misiologi. Sementara pada 1979, ia pindak ke Jakarta dengan mendirikan pesantren Ciganjur.
silakan baca juga pendidikan luar negeri gus dur

0 comments:

Post a Comment